Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi menyelenggarakan Workshop Pendampingan Penyusunan RPS Berbasis Case Metod & Project Based Learning (PjBL). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juni 2022 dengan tujuan untuk melakukan pendampingan penyusunan RPS berbasis Case Method Dan Project Based Learning (PJBL) pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi Tahun 2022 guna mendukung kegiatan MBKM.
Workshop ini menghadirkan Drs. Adrefiza, M.A.,(Ketua LP3M Universitas Jambi), Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I (Koordinator Pusat pada Pusat Studi Pengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran Universitas Jambi), dan Prof. Dr. Ir. Dompak Napitupulu, (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jambi).
Drs. Adrefiza, M.A dalam presentasinya menjelaskan Pembelajaran Berbasis Case Metod bertujuan untuk melatih daya analisis mahasiswa salah diantaranya dengan membiasakan mereka memecahkan studi kasus dalam pembelajaran. Mahasiswa akan dilatih mencari akar permasalahan, menjelaskan faktor “mengapa” suatu fenomena terjadi, berpikir kritis, dan berusaha mencari solusi terbaik. Mahasiswa juga akan terlatih untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pemecahan masalah.
Sementara Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I memaparkan bahwa Project Based Learning (PjBL) merupakan pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didik maupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Karakteristik model Project-based Learning diantaranya yaitu peserta didik dihadapkan pada permasalahan konkret, mencari solusi, dan mengerjakan projek dalam tim untuk mengatasi masalah tersebut.
Prof. Dr. Ir. Dompak Napitupulu,sebagai narasumber ketiga memaparkan pada model PjBL peserta didik tidak hanya memahami konten, tetapi juga menumbuhkan keterampilan pada peserta didik bagaimanan berperan di masyarakat. Keterampilan yang ditumbuhkan dalam PjBl diantaranya keterampilan komunikasi dan presentasi, keterampilan manajemen organisasi dan waktu, keterampilan penelitian dan penyelidikan, keterampilan penilaian diri dan refleksi, partisipasi kelompok dan kepemimpinan, dan pemikiran kritis. Dosen sebagai long life learner diminta untuk mempersiapkan RPS sesuai riset-riset terbaru. RPS yang dibuat pun diarahkan untuk berbasis case method dan project base. Hal ini sesuai dengan Kepmendikbud No.3/M/2021 tentang IKU PT yaitu IKU no.7 persentase MK program sarjana yang menggunakan case method dan team based project dengan bobot evaluasi 50%. Pembelajaran pun akan lebih berupa student centered. Hal ini sesuai dengan Kepmendikbud No.3/M/2021 tentang IKU PT yaitu IKU no.7 persentase MK program sarjana yang menggunakan case method dan team based project dengan bobot evaluasi 50%. Pembelajaran pun akan lebih berupa student centered.
Kegiatan ini dilakukan secara luring dan diikuti semua dosen prodi Agribisnis. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UNJA, Prof. Dr. Ir. Suandi M.Si setelah sebelumnya disampaikan sambutan dari Ketua panitia, Dr. Rozaina Ningsih, S.P., M.Si.