Bertempat di Ruang Senat Universitas Jambi, Lantai III Rektorat Kampus Mendalo, Jurusan/Program Studi Agribisnis menggelar acara Kuliah Umum dengan tema Agribisnis Kreatif dan Tantangan Pertanian Post Modern di Indonesia.

Ketua Jurusan Agribisnis Dr Fuad Muchlis dalam sambutannya menyatakan  kuliah umum ini merupakan agenda rutin untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa terhadap isu-isu pertanian terkini  dan mengulasnya dari berbagai perspektif.

Bagi mahasiswa, berpikir dan bertindak kreatif kini menjadi hal yang tidak terbantahkan, bahkan menjadi kompetensi dan orientasi pendidikan tinggi, terutama menghadapi tantangan revolusi industri 4.0  dan menyongsong era bonus demografi. Oleh sebab itu  Agribisnis Kreatif menjadi topik yang dipilih dalam kuiah umum kali ini.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UNJA Dr  Ahmad Riduan dan dihadiri oleh dosen dan  sekitar 150 orang mahasiswa dari berbagai angkatan di lingkup Faperta Unja.

Menjadi Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr Iwan Setiawan, Ketua Program Studi Agrbisnis Universitas Padjajaran sekaligus ketua Asosiasi Program Studi Agribisnis Indonesia.

Dalam paparannya Dr Iwan  menyebut bahwa perkembangan IPTEK dengan lompatan-lompatannya hingga sampai pada era post modern mengharuskan kita berfikir dan berkerja secara Inter-multi-trans disiplin.

Lebih lanjut penulis buku Agribisnis Kreatif ini juga menekankan bahwa agribisnis kreatif, sejatinya berbasis pada ekonomi desa dan membangun/memberdayakan komunitas-komunitas kreatif dan pegembangan desa kreatif. Runtuhnya beberapa “pasar” yang dibangun oleh kekuatan modal raksasa di beberapa negara, mementahkan asumsi bahwa modal “finansial” menjadi satu-satunya variabel penting dalam mengembangkan usaha.  

Di bagian akhir, penulis buku Pertanian Post Modern ini juga mengingatkan bahwa potensi dan peluang pertanian postmodern mesti  mengintegrasikan inovasi teknologi dan inovasi estetika dalam agribisnis.

Sumber : jambiberita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *